;

Sunday, December 1, 2013

Anatomi Ikan dan fungsinya

Sunday, December 1, 2013

Walaupun hampir setiap hari kita makan ikan, tetapi kita belum mengetahui secara detail apa saja anatomi ikan itu? Betul?.  Ikan adalah hewan bertulang belakang yang hidup di air. Ikan bernapas dengan insang. Ikan  sangat beragam jenisnya. Ada lebih dari 29.000 spesies ikan didunia ini.

Antomi Ikan, Ikan, Anatomi Ikan dan Fungsinya, struktur anantomi ikan


Tetapi yang pasti kita sudah mengetahui Anatomi ikan walaupun tidak sampai mendetail, minimal kiat mengetahui apa itiu insang.

Supaya lebih jelas tentang anatomi ikan dan fungsinya, di catatan kali ini kita akan mengetahuinya walaupun penjelasannya hanya secara singkat.

Ciri khas ikan adalah memiliki sirip. Sirip digunakkan untuk berenang, selain itu Ikan juga memiliki organ intefrnal yang khas, yang mencakup:
  • Gas bladder atau swim bladder. Organ internal ini membuat ikan mampu mengendalikan keseimbangannya. Ikan mampu bertahan pada kedalaman air yang beriak keras, naik, dan turun tanpa memboroskan energy untuk berenang.
  • Insang. Insang adalah organ pernapasan. Insang berguna untuk mengisap oksigen dari air. Insang juga berguna untuk membuang karbondioksda.
  • Gill Rakers. Gill rakers berguna untuk mempertahankan organ makanan.

System pencernaan
Ikan memiliki rahang, bahkan bagi ikan yang besar rahng yang dimilikinya sangat kuat. Ikan mampu makan banyak jenis makanan, berupa tumbuhan dan makhluk hidup lain.

Sisitem pernapasan
Kebanyakan ikan melakukan pertukaran uadara melalui insang, organ ini sangat penting sekali bagi ikan, karena sirkulasi udara dapat melali melalui organ tersebut dan Insang ada di masing-masing pharynx.

System peredaran darah
Ikan memilki system peredaran darah tertutup. Jantung memompa darah dalam loop tunggal ke seluruh tubuh. Darah meninggalkan jantung ke insang. Dari insang ke seluruh tubuh. Kemudian, kembali lagi ke jantung.

System ekskresi
Kebanyakan ikan mengeluarkan sampah nitrogen sebagai ammonia. Sebagian sampah itu dikelurkan/dibuang oleh insang ke air di sekitarnya. Sebagian sampah lain dibuang oleh ginjal. Ginjal adalah organ ekskresi yang menyaring sampah sehingga keluar dari darah.

System syaraf dan indera 
Ikan memiliki system syaraf yang berkembang dengan biak. System syaraf ikan berpusat di otak. Kebanyakan ikan memiliki indera yang berkembang dengan baik. Mata ikan mampu membedakkan warna. Ikan juga mampu merasa dan membau. Akan tetapi, ikan kurang baik pendengarannya.

Sisitem otot
Kebanyakan ikan bergerak dengan melakukan kontraksi sepasang otot pada dua sisi tulang belakang secara bergantian. Kontraksi ini menghasilkan gerakan turun pada ikan. Gerakan otot itu ke belakang bersama gerakan sirip membuat ikan bergerak ke depan.

Sisitem reproduksi
Telur sebagian spesies ikan dibuahi secara internal. Pada spesies lain, telur dibuahi secara eksternal.

Artikel lainnya:
Klasifikasi dan morfologi ikan kakap
Klasifikasi kelinci


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.

Sumber : Ensiklopedia Hewan.  GANECA EXACT



SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 8:24 AM