;

Wednesday, September 18, 2013

Cara Merawat Ayam Bangkok dan Melatih Ayam Bangkok

Wednesday, September 18, 2013

Bagi sebagian pecinta ayam bangkok masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara merawat ayam bangkok dan melatih ayam bangkok yang tepat. Di catatan kali ini kita akan membahas bagaimana supaya perawatan pada ayam bangkok dapat mencetak ayam aduan yang tangguh.


Perawatan ayam bangkok tentunya difokuskan pada fisik ayam karena ayam ini tipe ayam petarung. Karena kekuatan fisik yang diandalkan maka dari segi pakan dan kebiasaan (latihan) harus diperhatikan betul, agar si ayam tumbuh dengan sempurna.

Ayam Bangkok tipe pemukul

Biasanya setiap pertandingan sabung ayam, ayam yang menang kurang dari dua ronde tergolong pada ayam petarung yang baik, akan tetapi kalau ayam dirancang untuk sanggup bertahan hingga 5 ronde maka menu yang harus disiapkan adalah pakan yang kaya akan protein tinggi dan juga pakan yang kaya akan energy. Untuk pakanan ayam bangkok seperti ini cukup dengan formula ransum 5 kg jagung halus + 2 kg dedak atau bekatul + 3 kg konsentrat ayam petelur. Dengan pakanan ini anda bisa menyaksikan jagoan anda mampu bertahan dalam cukup yang lama.

Ayam Jalu

Tipe ayam ini lebih sering memukul tanpa mematuk, memukul sesering mungkin dalam waktu yang sangat singkat dan factor kecepatan sangat menentukan bagi ayam tipe ini, menu ransum paling tepat adalah yang mengandung protein tinggi dan sedikit lemak, bagi anda yang memiliki ayam tipe ini buatlah formula ransum dengan 2 kg konsentrat ayam petelur + 8 kg bekatul atau dedak, jagung, beras merah, atau gabah.


Zat-zat dan pakan yang dibutuhkan ayam Bangkok
1.    Protein berfungsi sebagai zat pembangun tubuh
2.    Lemak, zat ini juga dibutuhkan ayam yang sedang tumbuh
3.    Karbohidrat
4.    Vitamin dan mineral
5.    Air
6.    Sayur-sayuran hijau
7.    Grit

Cara menajamkan taji ayam

Langkah pertama, ikatlah jalu ayam dengan kain basah selama 3 hari, dan jika kainnya mengering  harus dibasahinya lagi, setelah 3 hari lepaskanlah ikatan tadi, maka kulit atau cangkang jalu akan terkelupas rata dan meruncing seperti duri.

Mengamati posisi ayam saat tidur

Kalau posisi kepala kebelakang dan diselipkan di sayap maka  kondisi ayam seperti ini berarti lagi kurang sehat dan kurang fit. Ayam yang sehat lebih cenderung meletakkan posisi kepala tetap menghadap kedepan sampai dengan menyentuh dilantai.

Pola makan ayam yang masih muda

Untuk makanan  ayam di atas 2 bulan makanannya diselingi dengan serangga, belalang kecoak, lipan, jangkrik, dsb nya, disamping serangga anak ayam juga harus diberikan ikan-ikan kecil seperti ikan –ikan yang ada diselokan atau disungai dangkal , dang terlebihn juga berikan ayam isi perut ikan laut yang sudah dicincang terlebih dahulu, dan sesekali berilah jagung.

Berilah sisa susu atau bubur dari sisa makanan, yang mangandung nilai gizi yang sangat tinggi untuk pertumbuhan ayam, berilah juga air nasi yang diambil ketika air mendidih. Kemudian dinginkan terlebih dahulu dicampur dengan nasi atau kerak nasi ditambah dengan dedak halus dedak halus yang diambil sewaktu penggilingan padi menjadi beras, dan diaduk berikan pada ayam.

Setelah berumur 5 bulan, berilah multivitamin dan vitamin B komplek serta berikan minyak ikan hiu + tablet calcium untuk membantu pertumbuhan pada anak ayam, usahakan pakan anak ayam bangkok selalu bervariasi dan yang terpenting setiap pakan anak ayam harus memiliki nilai gizi dan protein yang tinggi.

Pemisahan ayam dengan saudaranya yang lain

pada umur 5 bulan,pisahkan ayam dari saudaranya yang lain dan tempatkan pada kandang dengan ukuran 1m x 1m x dan tinggi 1 m dengan tujuaan untuk menghindari patahnya bulu sayap bulu ekor anak ayam.

Pakan Ayam Bangkok Aduan

1.    Beras merah
2.    Gabah
3.    Jagung

Cara melatih ayam siap bertarung

Ayam yang sudah siap bertarung biasanya berumur 7 bulan, hal ini ditandai dengan seluruh bulu sayap dan bulu ekor tumbuh sempurna dan tidak ada lagi bulu-bulu yang muda. Ayam dengan umur dan kondisi seperti ini sudah bisa dilakukan penjemuran dalam kurungan selama 2 jam setiap harinya.

Sebelum dilakukan penjemuran sebaiknya ayam dimandikan terlebih dahulu untuk menurunkan temperature badan ayam setelah itu baru ayam diberi makan dalam kurungan sambil dijemur.
Waktu penjemuran yang baik adalah jam 9 pagi sampai jam 11 siang.

Setelah 10 hari waktu penjemuran ditambah 2 jam lagi yitu jam 9 pagi sampai jam 11 siang. Setelah 10 hari waktu penjemuran ditambah 2 jam lagi yaitu jam 9 pagi sampai jam 13 siang. Tujuan penjemuran ini untuk memperpanjang nafas ayam dan untuk membakar lemak yang menumpuk dibawah kulit dan selama penjemuran ayam tidak diberi air.

Setelah penjemuran selesai ayam diteduhkan dibawah pohon atau tempat yang tidak terkea cahaya matahari selama 15 menit, kemudian ayam diberi air minum.

Untuk menjadikan sebagai seekor ayam petarung yang tangguh ada beberapa hal yang harus diberikan pada ayam agar otot-ototnya kuat dan tahan terhadap pukulan. Ada beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan ayam menjadi petarung yang tangguh:

1.    Berenang
2.    Melatih bertarung dengan ayam untulan
3.    Menyediakan kurungan ganda
4.    Ayam dilatih pakai ayunan
5.    Latih tarung di atas pasir
6.    Latihan beban pada kaki ayam
7.    Latihan dengan palang kayu
8.    Latih tanding

Artikel lain yang dapat anda baca (klik untuk membacanya) :
Cara Membuat Kandang Untuk Ayam Bangkok Super
Cara Ternak Burung Merpati
Cara Beternak Ayam Petelur di Kandang Batre
Cara Merarat Burung Kenari Jadi Juara Lomba


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.

(Sumber Buku : SUKSES BUDIDAYA & BISNIS AYAM BANGKOK. Penulis: ARIS MARWANTO. Sumber Foto: www.circlemp3.com)


SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 11:16 AM