;

Sunday, September 29, 2013

Cara Merawat Anjing dan Bulu Anjing Supaya Bagus

Sunday, September 29, 2013


Cara merawat anjing ras berbulu panjang yang masih berdarah keturunan poodle. Karena warna bulunya putih bersih maka hampir setiap hari anjing tersebut kita mandikan dengan menggunakkan shampoo, ini dimaksudkan agar bulunya tidak selalu tampak kotor.

cara, merawat, anjing, bulu,

Ditinjau dari bulu-bulunya, memang ada dua jenis anjing, yaitu berbulu panjang dan berbulu pendek. Memelihara anjing berbulu panjang memang memerlukan perawatan ekstra, yaitu merawat bulunya gar tidak kotor, kusut, atau menggumpal. Selain itu alasan terpenting perawat ini ialah supaya hewan peliharaan kita terlihat cantik, sehat dan enak dipandang.

Untuk perawatan anjing berbulu panjang

Bulu-bulu anjing biasanya dilapisi oleh kutikula yang berfungsi melindungi jaringan rambut yang lebih dalam. Bila sering dimandikan dengan shampoo yang mengandung zat pencuci terlalu kuat maka lapissan kutikula  tersebut akan melarut. 

Oleh karena itu, sebaiknya bila dimandikan dengan menggunakan shampoo maka dalam sebulan cukup hanya dua kali saja. 

Hal ini biasa dilakukan kalau tidak terjadi musim hujan. Jenis shampoo untuk anjing ada yang dicampur dengan zat insektisida sehingga tidak sama dengan shampoo untuk manusia. Bila hany sekedar untuk menghilangkan kotoran yang menempel di bulunya maka air hangat saja dapt digunakan.

Biasanya saat musim hujan anjing sering kotor sehingga perlu lebih sering dimandikan. Pilihlah shampoo yang “lunak” dan tidak mengiritasi kulit misalnya jenis baby shampoo. Air yang digunakan saat mandi sebaiknya berupa air hangat agar anjing tidak kedinginan. 

Setelah dimandikan,bulu-bulunya disisir hanya ke satu arah. Bulu-bulu yang menggumpal atau kusut perlu dipegangi pangkalnya atau kulitnya agar tidak sakit bila disisir. Pilihlah sisir yang kuat dan geriginya gak renggang.

Sebaiknya kita menyisihkan waktu beberapa kali untuk mengantar anjing kesayangan kita ke salon kecantkan anjing. Tentu saja kita harus memilih salon kecantikan aaanjing yang dilakukan secara professional oleh ahlinya. 

Saat disalon tersebut sebaiknya kita menungguinya sampai selesai. Kita perlu memperhatikan perlakuan terhadap anjing kita, alat yang digunakan,  cara menguasai anjing, dan kegiatan lain yang dilakukan perias anjing saat melakukan grooming.

Perawatan Rutin

Perawatan rutin lainnya yang perlu dilakukan agar anjing  tampak indah dan sehat adalah sebagai berikut.
  • Bulu Mata

Bulu yang panjang disekitar mata sering mengotori mata  dan berakibat niritasi atau infeksi pada mata anjing. Oleh karenanya, bulu-bulu yang menimpa bola mata perlu dipotong. Selanjutnya mata dibersihkan dengan kapas steril yang sudah dibasahi dengan boor water.
  • Telinga

Bagian luar dan dalam telinga pun perlu secara rutin dibersihkan karena bagian ini selalu menghasilkan semacam lilin atau wax (Jawa:curek). Untuk membersihkannya digunakan kapas steril yang sudah dibasahi dengan karbogliserin (dapat dibeli di apotik) dan diletakkan di ujung piset. Caranya dengan membuat gerakan yang luwes di dalam telinga sehingga pinset tidak melukai  telinga. Untuk anjing kecil, kita dapat menggunakakn cottonbud.
  • Kuku

Kuku dari jari yang menggantung atau jari tambahan yang disebut dewclaw, terutama anjing mini yang selalu tinggal didalm rumah, akan tumbuh memanjang. Karena kuku sering bergesekan dengan tanah atau lantai maka pertumbuhan kuku ini akan menusuk jari lain kakinya sendiri hingga terluka dan infeksi. 

Untuk memotong kuku ini perlu berhati-hati karena bagian kuku yanmg hidup.  Pemotongan hanya dilakukan pada bagian kuku yang mati. Bagiannkuku yang hidup biasanya berwarn agak bening, sedangkan bagian kuku yang mati berwarna putih atau keruh. Bila kukunya berwarna hitaangat sulit. Namun demikian seyogyanya pemotongan hanya dilakukan pada bagian yang tajam saja. Sebagai tindakan penjagaan, sebaiknya disiapkan obat  jodium finctuur dan kapas bila terjadi pendarahan.
  • Gigi

Gigi-gigi anjing perlu dibersihkan,  terurtam kalunn diberi makanan basah karena banyak sisa makanan yang menempel di gigi. Sisa makanan ini akan merangsang terjadinya plak pada gig yang kemudian hari akan menyebabkan bau busuk dari mulut. Oleh karena itu, makanan yang diberikan sebaiknya berupa pellet (keras). Selain memperkuat gusi, makanan keras akan membersihkan gigi. 

Cara membersihkan gigi anjing dapat dengan memberikan tulang-tulangan dari bahan nylon sebagi mainannya untuk digigit. Selain itu, saat ini di took-toko peternakan (pet Shop) dikota bessar telah dijual sikat gigi dan pasta untuk anjing.

Artikel lain yang dapat anda baca (klik untuk membacanya) :
Cara Merawat Anjng Chow chow
Cara Merawat Anjing Labrador Retriever
Cara Merawat Anjing Siberian Husky
Cara Merawat Kucing Anggora

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.


(Sumber Buku: Permasalahan Anjing dan Solusinya, Penulis: AHMAD SAID,   Sumber Foto: http://curiousphotos.blogspot.com)


SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 4:15 AM