;

Monday, October 28, 2013

Anjing Labrador Retriever

Monday, October 28, 2013

Anjing Labrador Retriever bersaudara dekat denagn golden retriever, sesame anjing sporting atau gun dog. Tapi secara karakter Labrador mirip golden retriever yang playful. Perilakunya sangat baik dan tak bakal menyerang orang maupun anjing lain. 

Anjing Labradir Retriever, cara merawat anjing Anjing Labradir Retriever, anjing,Labradir Retriever
Ras anjing ini berasal dari Portugal. Nama Labrador berasal dari bahasa Portugis, berarti pekerja lapangan. Dari Pulau Newfounland, di ekspor ke Inggris pada awal abad ke-19. Di Pulau Newfounland, anjing labrador retriever dipekerjakan oleh para nelayan untuk menarik jaring dan mengumpulkan ikan. 

Maklum ia dikenal tidak takut air dan pandai berenang, juga punya kekuatan sebagai anjing militer atau polisi. Sangat pintar dan berpenciuman tajam, mampu mendeteksi narkoba maupun kandungan mineral di bawah tanah. Disebut sebagai Labrador retriever lantaran anjing ini memiliki warna rambut kuning keemasan.


Tak berbahaya bagi anak-anak. "Bisa sangat lengket, kemana kita pergi selalu dibuntutin", tutur Debby Riana. Breeder Labrador retriever, di Sentul, Bogor. Labrador lebih ceria dan aktif disbanding golden retriever. Juga dikenal sebagai anjing show, stabil dan tenang. Bagus sebagai anjing penjaga, pemburu, dan anjing rumahan. Menjalankan tugas apa saja denagn penuh semangat. Anjing peliharaan ini bersahabat dengan anak kecil dan anjing lain.

Labrador termasuk ber-IQ tinggi dan bisa dilatih melakukan perintah. Permainan lempar-ambil bola dan friesbie, keahliannya. “Labrador adalah water dog sejati. Secara natural dia jago berenang, ditunjang tulang iga benruk barrel membuat kayak gentong . 

Selain memiliki intelejensi tinggi, guguk ceria ini andal dalam pelacakan bom dan narkoba. Dalam pelacakan, Labrador umumya lebih berhati-hati dari pada rotweiler dan herder. Di luar negeri juga dipakai untuk menuntun orang cacat. Tapi, Labrador tidak recommended buat penjaga maupun penyerangan.

Sebetulnya dikenal 6 tipe Labrador didunia, 5 diantaranya adalah tipe heavy alias kasar dengan tulang tebal dan kekar. Satu-satunya Labrador ‘non-heavy’ alias fine adalah Whitmore. Posturnya tinggi dan langsing, jenis ini juga punya moncong lebih panjang. Labrador di Indonesia kebanyakan dari tipe Britatany dan Donaldbain yang bergenetika kasar. Tren sekarang memang mengarah ke Labrador bergenetika kasar, dengan tulang besar dan kekar.


Ciri khas; Mimik wajah pemberani, badan lebar dan kuat. Rambut tebal dan pendek. Labrador punya tiga warna, kuning, cokelat, dan hitam. Kadang ada binatang putih kecil diidada. Dalam warna kuning ada variasi dari kuning muda sampai red fox. Begitu juga denagn warna cokelat, mulai cokelat muda sampai tua. 

Rambut berkelir hitam bisa terlihat shiny. Kilap itu tak bakalan muncul pada rambut warna kuning. Sebagai water dog, Labrador punya lapisan lemak cukup tebal pada rambut yang bisa membuatnya terlihat kinclong.
Perawatan dan Latihan:mandikan 2 minggu sekali. Tidak perlu grooming khusus. Cukup disikat rambutnya semingg sekali, dan disisir setiap hari, rambut pun bersinar. Butuh kontak teratur dengan orang.

Kalau pakannya bagus dan kebersihannya terjaga, rambut pasti mengilap. Berikan dogfood  berkualitas, berbahan chiken meat. Protein dibawah 23% dan lemak dibawah 15%. Jangan berikan dog food mengandung betakaroten tinggi pada Labrador hitam. Bisa bikin rambutnya kemerahan. Hindarkan juga matahari tinggi, karena warna hitam mudah meyerap panas.  Berikan exercise rinagn setiap hari dengan mengajaknya bermain. Perlu porsi latihan keras termasuk berenang.

Artikel lain seputar anjing bisa anda baca di sini, diantaranya : (klik untuk membacanya)
Cara Merawat Anjing Chow chow
Cara Merawat Anjing Kintamani
Cara Merawat Anjing Pitbull
Cara Merawat Bulu Anjing Supaya Tampil Bagus

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.

Sumber:
http://www.dogster.com/
Majalah Flona


SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 3:29 AM