;

Tuesday, October 29, 2013

Anjing Pitbull Cara Merawat dan Melatih Anjing Pitbull

Tuesday, October 29, 2013

Pitbull sering diidentikan dengan anjing galak, tidak hanya itu saja Anjing Pitbull memiliki julukan sebagai anjing pembunuh, maka tidak heran apabila jenis anjing yang satu ini banyak ditakuti orang yang melihatnya. Tapi dibalik itu semua hewan peliharaan ini memiliki sifatnya friendly alias bersahabat, cuma ia memang special weapon. Dan yang paling tepat mengenai pandangan anjing ini, tergantung perintah majikannya atau penggunaan ajing tersebut, bisa membunuh juga bisa berlaku sangat baik.

Anjing Pitbull, Cara Melatih Anjing pitbull, cara merawat pitbull, Anjing Pitbull

Ajing ini memiliki temperamen agresif, bernyali sangat tinggi. Mulanya, ras ini didesain sebagai anjing petarung, Kini pitbull banyak dimanfaatkan sebagai anjing penjaga dan pemburu. Di tanah Air, ia sering digunakan untuk berburu babi hutan. Bahkan di arena khusus, anjing pitbull  diadu dengan babi hutan. Begitu menggigit lawan, ia enggan melepaskannya bahkan bisa sampai mematikan. 

Anjing Pitbull termasuk anjing yang cerdas, tetapi cenderung sukar menerima perintah dan suka nekad. Namun kontroversi statatus pitbull dalam trah anjing masih mengambang. Banyak versi tentang asal usul anjing ini.


Ada kalangan menyebut pitbull hasil kawin campur antara bull terrier dengan bulldog. Ada pula anggapan hasil kawin silang Masitif dengan Terrier. Sebagian lagi mengatakan memang ada ras anjing pitbull. Berdasar literatur, nenek moyangnya dipercaya berasal dari English bulldog.

Sementara karakter pitbull  yang dianggap bandel, buas dan bodoh adalah tidak benar. Buktinya bisa disimak dari hasil tes American Temperament Test Society, sebuah lembaga yang bergerak dalam pemberian jasa pelayanan bagi hobiis anjing di Amerika untuk mengetahui tingkat kepatuhan, kecerdasan, dan agresivitas anjing. 

Hasil tes menunjukkan, ternyata pitbull memiliki nilai 82,3 %, alias ia lulus ujian. Sedangkan golden retriever bernilai 81,9 %. “Pernah ada tes anjing dipenjara Alcatraz untuk mengejar navi yang berenang di laut. Dan pitbull satu-satunya anjing yang berhasil meyeretnya kembali ke daratan.

Keistimewaan lain, pitbull memiliki tenaga luar biasa. Bahkan sebagai atraksi pitbull sering menarik sebuah mobil jeep CJ 7. Begitu kuatnya otot kaki depan, hingga kaki depannya membengkok ke dalam. Itu baru dari kekuatan otot. Belum betapa dahsyat gigitannya. Dalam lomba ketahanan menggigit ban, pitbull paling lama bertahan. Dengan segala macam atraksi dan olahraga yang ia lakoni, tak heran kalau anjing ini dinobatkan sebagai "the most powerfull of dog”.

Ciri khas, Perawatan dan Latihan 

Sosok mirip Rottweiler. Sedikit agak pendek, namun lebih berotot, kekar, dan kuat. Kulit tebal dan rambut pendek. Ukuran tubuhnya medium. Berat badan 30-40 kg, dan tinggi 40-50 cm. Idealnya, kepala besar dengan belahan tengah.  

Rahang medium dan kuat. Tidak terlalu mancung, tidak terlalu pendek. Pinggul gede dan kaki lurus. Punggung datar dan sedikit menurun di bagian belakang. Memiliki karaketer pemberani. Sangat protektif terhadap wilayah dan tuannya. Tampang sangar tapi suka bermain.

Sebagai anjing yang aktif, ia butuh menu kaya protein dan karbohidrat. Untuk mendukung pertumbuhan tulangnya, dibutuhkan suplemen kalsium. Mereka juga harus dapat melakukan aktivitas dalam porsi pas.

Halaman luas ideal untuk kebutuhan itu. Acara berlari pagi atau sore hari harus rutin dilakukan. Sifat agresif bisa dikikis dengan membiasakan hidup dalam suasana penuh kasih sayang. Untuk dijadikan anjing penjaga, hindari melatih anjing pitbull layaknya anjing petarung. Hal itu bisa memunculkan sifat dasarnya.

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.


Artikel lain yang anda dapat baca di blog ini, klik untuk membacanya:
Cara Merawat Anjing Chow chow
Cara Merawat Anjing Kintamani
Cara Merawat Anjing Labrador Retriever
Cara Merawat Burung Anis Merah yang baik


Sumber: Majalah Flona
http://wildlife-photographs.blogspot.com/



SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 11:59 PM