;

Monday, October 28, 2013

Anjing Samoyed Cara Merawat Anjing Samoyed

Monday, October 28, 2013

Anjing Samoyed adalah anjing asli dari kutub utara, ia sering di manfaatkan sebagai penarik kereta, seperti halnya dalam suasana natal,anda tentu ingat anjing penarik kereta salju santa Claus. Walaupun Samoyed asli Kutub Utara, tapi bisa dijadikan hewan peliharaan di daerah tropis. Hingga kini Samoyed masih menjadi anjing penghela di daerah kutub.

Anjing Samoyed, CAra merawat anjing samoyed, anjing, samoyed
Suku Nomadik Samoyed di kawasan Timur laut Asia yang pertama kali mengembangkan dan memberi nama Samoyed. Suku penyayang binatang ini memperlakukan si  guguk putih layaknya anggota keluarga. Anjing Samoyed pun menjadi guguk penyayang.

Di tempat asalnya, anjing samoyed sebagai gembala kawanan rusa, selain sebagai penari kereta salju. Pada abad ke-19, Samoyed membantu transportasi pada ekspedisi ilmiah di kawasan Artik dan Antartika. Sebagian dari mereka dibawa ke Eropa dan Amerika. Samoyed veteran ekspedisi dikembangbiakkan. Anak cucunya menyebar ke seluruh penjuru dunia,

Samoyed termasuk trah anjing Medium. Samoyed masih berkerabat denagn Siberian Husky, sama-sama dari kawasan Siberia. Di Kutub utara, Sammy, begitu sebutan lain Samoyed, punya dua tipe: Amerika dan Eropa. 

Tipe Amerika berciri moncong lebih lancip. Sementara itu tipe Eropa bermoncong agak lebih besar.
Ia memiliki karakter kuat, daya tahan tubuh bandel, dan ulet dalam melaksanakan tugas. Sosoknya ningrat, bertemperamen lembut dan manis, serta ramah dan gampang berinteraksi dengan manusia. Sebagai anjing rumahan, ia cukup bersahabat, termasuk denagn anak-anak. Cocok sebagai anjing keluarga. Maklum, Samoyed tidak sangar, bertemperamen sabar dan ramah.


Ciri  dan Cara Merawat Anjing Samoyed
Molncongnya panjang, telinga tegak,Hidung dan pinggiran mata hitam, kontras dengan waran rambutnya yang putih bersih seperti kapas. Warna rambut super putih menjadi salah satu daya tarik.

Samoyed beroto kuat, posturbya seimbang, kakinya serasi dengan bentuk badanbibirnya tipis, aktif dan pintar dan patuh. Tak heran bila mereka jiga dipakai dalam pertunjukan macam sirkus. Juga dikenal ratusan gaya ekspersi’senyum”. Maka sering dijuluki sebagai”Samoyed smile”.

Perawatan: agar tetap tampil cakep, harus dirawat dengan benar. Gunakan sampo whitening setiap kali mandi, mandi tidak terlalu sering cukup 2 minggu sekali. Selesai mandi,rambut harus brenar-benar kering. Kalau tidak kering betul, kulit gampang sakit, jadi merah-merah.

Rambut wajib disisir dan disikat setidaknya 2 kali seminggu, rambut harus bersih.malas merawat, rambut bisa menggumpal dan mengeras. Rambut seperti itu harus digunting, seminggu sekali, harus mengelap rambut Samoyed seminggu sekali dengan tissue bayi. Tisu bisa juga memmutihkan rambut. Sementara kuku dipotong pendek. Gigi dan telinga butuh perawatan rutin.

Meski berasal dari daerah bersalju, Samoyed juga bisa dipelihara didaerah tropis. Tak harus menggunakan AC. Secara bertahap, ia dapat beradaptasi dengan suhu panas. Samoyed dari daerah dingin tak boleh langsung dipelihara tanpa AC.

Untuk bertahan di daerah panas, Samoyed perlu banyak minum. Karenanya air minum harus selalu tersedia. Pasalnya, udara panas akan cepat menguras cadangan air di dalam tubuhnya, kalau sampai kekurangan air atau”kaget panas”, bisa fatal. “Bisa mati mendadak karena heat stroke.

Di daerah panas, rambut tetap bisa tebal, berikanlah minyak jagung secara teratur, bisa juga minyak ikan. Yang penting mengandung omega 3 dan 6. Cara pemakaiannya, kalu bentuknya cair, campurkan langsung pada pakannya, yang kapsul harus dicekokan, vitamin E juga bagus untuk kulit dan rambut.

Artikel lain yang dapat anda baca (klik untuk membacanya) :
Cara Merawat Anjing Siberian Husky
Cara Merawat Anjing Pitbull
Cara Merawat Anjing Chow chow

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.

Sumber:
http://www.dailypuppy.com/
Majalah Flona



SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 3:02 AM