;

Tuesday, October 29, 2013

Anjing Kintamani Cara Merawat dan Melatihnya

Tuesday, October 29, 2013

Anjing Kintamani salahsatu anjing lokal Indonesia yang memiliki tampang yang cantik, rambut tebal dan berkelir putih semu orange. Kalau kita perhatikan anjing ini sekilas mirip Samoyed, anjing cantik penarik kereta salju. 

Anjing Kintamani, Cara merawat anjing kintamani, cara melatih anjing kintamani, kintamani
Kintamani juga setampang dengan Siberian husky dan chow-chow. Anjing kintamani banyak menghuni hutan di Pegunungan Batur, khususnya di Desa Sukawana, Bali. Temapat ini lantas dianggap sebagai muasal anjing kintamani. Kintamani adalah nama sebuah kecamatan diwilayah kabupaten Bangli, Propinsi Bali.

Ada juga yang beranggapan, anjing kintamani adalah keturunan anjing chow-chow. Anjing asal Cina ini masuk ke Bali bersama bangsawan Cina yang menikah dengan anak Raja di kintamani. Lantas chow-chow kawin dengan anjing local. “ cukup beralasan karena ada ciri kintamani yang mirip chow-chow.

Kebiasaan pemeliharaan anjing kintamani di daerah asalnya menjadi hambatan pemurnian anjing kintamani. Soalnya hewan peliharaan ini di kintamani dilepas dan bebas pergi kemana suka.

Maka tidak menutup kemungkinan anjing-anjing kintamani kawin dengan jenis anjing lain, maka tidak heran apabila kita menemukan anjing kintamani didalam hutan atau di gua-gua di pegunungan.

Jalan panjang masih harus dilalui anjing kintamani, secara nasional kintamani sudah dideklarasikan menjadi anjing ras asli Indonesia, pada 18 Februari 2006, selanjutnya secara bertahap akan dimintakan pengakuan AKU (Asia Kennel Union).


Ciri khas dan Cara Merawat dan Melatih Anjing Kintamani
Bodinya gagah mirip serigala. Tampang cantik,rambut tebal berkelir putih semu orange. Hidung hitam atau cokelat tua. Bisa berubah lebih pucat sesuai pertambahan umur.

Ekor berdiri dengan rambut lebat, melingkar ke depan. Bagian tengah ke ujung melingkar sedikit keluar seperti ekor tupai. Tinggi badan jantan 45-55 cm, dan betina 40-50 cm.

Agar tampil cakep, rambut perlu dirawat dengan benar. Mandi tidak terlalu sering. Gunakan shampoo whitening setiap kali mandi. Selesai mandi, rambt harus benar-benar kering. Rambut wajib di sisir setidaknya 1-2 kali seminggu.

Artikel lain yang dapat anda baca di blog ini (klik untuk membacanya) :
Cara Merawat dan Melatih Anjing Pitbull
Cara Merawat Bulu Anjing
Cara Merawat Anjing Labrador Retriever

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.

Sumber:
Majalah Flona
http://mutiarabali.indonetwork.co.id/



ISI ARTIKEL BLOG INI BERSUMBER DARI MAJALAH DAN BUKU YANG DAPAT DIPERCAYA, DAN HAK CIPTA ISI KONTEN SEPENUHNYA MILIK MASING-MASING PENERBIT

Tonie - 4:26 PM