;

Wednesday, September 18, 2013

Ternak Ayam Bangkok dan Budidaya Ayam Bangkok

Wednesday, September 18, 2013

Ternak ayam bangkok dan budidaya ayam bangkok pertama-tama yang harus diperhatikan yaitu dalam memilih bibit, hal ini jangan dianggap sepele dalam beternak ayam bangkok karena pemilihan bibit yang kurang maksimal akan berpengaruh besar terhadap hasil ternak nanti. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit diantaranya:
  • Penampilan ayam harus tegap dengan leher pendek dan lurus
  • Badan panjang ekor lebat
  • Suara ayam harus lantang dan pendek
  • Memiliki ciri-ciri umum fisik seperti berikut:
Kepala model buah pinang menjadi prioritas utama, Paruh panjang dan tebal, Leher lurus dan tebal,Tulang leher rapat, Badan panjang (Prioritas utama), Dada bidang, Bahu kuncup, Sayap rapat dan panjang, dan ini menjadi prioritas utama, Pangkal ekor besar dan  tebal serta kaku menjadi prioritas utama, Paha bulat dan pipih menjadi prioritas utama, Ekor lebat dan menyentuh tanah, Lutut menekuk, Kaki bulat dan kering, sisik rapih, Jari panjang dan halus, Kepak sayap rapat kebadan.

  • Ayam bangkok harus berasal dari keturunan juara (silsilahnya harus jelas) biasanya kita harus mendatangi peternaknya.
  • Ketika membeli usia ayam sekitar 8-9 bulan agar anda mempunyai banyak waktu untuk memahami karakter ayam.
  • Untuk memilih ayam Bangkok betina, ada beberapa ciri-ciri yang harus menjadi perhatian untuk mendapatkan induk betina yang bagus dan berkualitas:
  1. Kepala seperti kepala ular, jika dilihat dari depan.
  2. Mata menjorok ke dalam dan bersih.
  3. Badan kalau dipegang bulat seperti kita memegang botol ayau seperti batang pinang.
  4. Kaki kering dengan jari kaki halus dan panjang.
  5. Tulang sapit udang lebar atau tulang dibawah pangkal ekor lebih kurang 3-4 jari.
  6. Tidak pernah sakit dari anakan.
  7. Jika ada tajinya lebih bagus.
  8. Bulu mengkilat.

Cara, ternak, ayam,bangkok, budidaya, beternak

Cara menawinkan ayam Bangkok

1.    Carilah indukan ayam betina dan diadu dengan induk ayam betina yang lain, perhatikan dengan seksama cara bertarungnya. Hasil yang baik adalah leher dan kepala lawannya lebih banyak memar dan jadi membesar.

2.    Kemudian cari pula induk ayam yang jantan, kemudian diadu terlebih dahulu kira-kira 2 babak dan perhatikan cara bertarungnya. Hasi pertarungan  yang baik adalah induk jantan hanya melakukan pukulan di sekitar leher dan kepala, pukulan seperti ini dapat mematahkan leher serta membuat kepala lawan robek.
Setelah mendapatkan indukan yang bagus barulah indukan tersebut dirawat untuk dikawinkan. 

Berikut cara sederhana untuk mengawinan indukan ayam Bangkok jantan dengan ayam Bangkok betina:
  • Induk jantan dan induk betina dilepaskan dalam kandang dengan ukuran lebih kurang 5m x 5m. dengan perbandingan perbandingan satu pejantan untuk empt ekor betina.
  • Mengawinkan  langsung kedua indukan. Anda cukup memegang indukan betina dengan posisi ekor menghadap kedepan kemudian disodorkan ke induk jantan, induk jantan yang baik akan langsung mengawini indukan betina.
  • Mengawinkan dengan metode flock mating
Metode flock mating merupakan metode mengawinkan ayam Bangkok dengan model perbandingan. Anda meletakkan pejantan dalam satu kandang dengan perbandingan 1 pejantan dan 8 betina dan berlaku kelipatannya. Tapi anda harus bisa menyesuaikan antara oejantan dan betina hendaknya disesuaikan dengan besar dan beraT tubuh ayam tersebut.

Untuk melengkapi pakanan ayam selama masa kawin sampai selesai masa bertelur sebaiknya induk betina diberikan vitamin secara rutin sekali dua hari dan tablet calcium membantu pertumbuhan pada anak-anak ayam, selain itu berikan juga minyak ikan sebutir setiap harinya serta satu sendok gilingan kulit kerang yang di aduk ke dalam makanan untuk lebih kurang 8-10 ekor indukan ayam untuk 4 hari sekali, semua proses ini dilakukan selama masa bertelur. Dan untuk  vitamin serta suplemen ayam tersebut bisa anda dapatkan di toko pakanan ayam atau took obat-obatan.

Menentukan Telur Ayam

Proses penentuan telur ayam ini merupakan proses yang hanya bisa dilakukan bagi mereka yang sudah berpengalaman, karena anda juga harus berhati-hari. Untuk memilih telur yang diperkirakan jantan perhatikan bentuknya lebih oval yang sama antara telur satu dengan telur yang lainnya. 

Jika diteliti lagi lebih cermat telur tersebut sebetulnya mempunyai dua bentuk atau 2 ukuran yaitu telur yang mempunyai bentuk bulat oval agak memanjang dan bulat oval agak pendek, dan telur yang mempunyai bentuk bulat oval agak memenjang adalah bakal jantan. Dan telur yang mempunyai bentuk  bulat oval agak pendek adalah bakal betina dan usahakan telur berasal dari induk yang sama.

Memilih Anak Ayam Bangkok

Kalau anda mau membali anak ayam Bangkok harus  memperhatikan beberapa hal, terutama bagi yang ingin mengadunya, ciri-ciri anak ayam Bangkok yang baik adalah : paha lebih gemuk, cengger kecil, kepala agak bundar lonjong, ruas kaki lebih panjang, ruas tempat bulu ekor agak rapat, sisik pada kaki agak kering, jalau agak lurus mendekati jari kelingking ayam Bangkok tidak ada yang sempurna, tetapi sekurangnya mendekati dengan mempunyai sebagian cirri-ciri diatas.

Perawatan anak ayam umur 1 hari-6 bulan

  • Pastikan induk ayam yang sedang menggerami telurnya di jaga, begitu juga dengan kebersihan kakinya supaya tidak mengotori telur yang sedang dieraminya.
  • Pisahkan anak ayam dalam kandang diisolasi dengan dibei lampu penghangat, untuk daerah yang beriklim panas cukup dengan lampu 25 watt dan jika daerahnya dingin berikan lampu 40 watt
  • Bagi induk ayam yamg sudah menetasakan telurnya sebaiknya segera dimandikan atau biarkan ayam tersebut berenang dalam kolam sampai badannya dingin, hal tersebut dilakukan lebih kurang 3 hari berturut-turut,bila anda mmberikan pakanan yang baik, biasanya ayam tersebut akan siap bertelur lagi.
  • Pakaana yang dijual dipasar sudah memenuhi nilai gizi untuk pertumbuhan ayam akan tetapi alkan lebih baik lagi bila anda selingi dengan makan tambahan sebagai penunjang ketangguhan seekor ayam aduan.
  • Berikan latutan gula araen untuk anak ayam yang berumur satu hari sebgaia penambah tenaga dan berikan selama 10 hari berturut-turut.kamudian air minumnya diganti dengan air bersih dan dicampur dengan obat minum untuk anak ayam
  • Pakan anak ayam Bangkok yang dijual dipasar dengan merek 311, pakannan ini banayak mengandung lemak berikan pada umur 40 hari,setela ah anak ayam berumur 40 hari berikan pakan dengan kode 511 dan dicampur dengan telur itik dengan perbandingan 2 telur itik untuk 10 ekor anak ayam. Pemberian telur ini dilakukan sekali 2 hari samapai anak ayam berumur 2,5 bulan, setelah itu pemberian telur ditingkatkan menjadi 4 butir dan dicampur dengan pakan murni untuk 10 ekor anak ayam, dan diberikan sekali 2 hari samapai anak ayam berumur 5 bulan.
  • Wadah air minum anak ayam harus sellau diganti setiap harinya, janagan sampai wadah tersebut ditumbuhi lumut atau jentik-jentik nyamuk.
  • Tempat makan anak ayam harus selalu dibersihkan sebagai modal untuk kesehatan.
  • Dan yang paling penting adalah membersihkan kandang ayam.
  • Setelah yam sudah berumur 5 bulan , anda bisa mencampur pakan dengan nasi dengan perbandingan 50:50 yang diberikan setiap pagi hari.
  • Usahakan setiap sore hari ayam diberikan gabah atau padi
  • Setelah anak ayam berumur 5 bulan berikan multivitamin dan vitamin B komplek, dan juga berikan minyak ikan hiu + tablet calcium  seminggu sekali.
  • Setelah anak ayam berumur 6 bulan,pakan anak ayam diganti dengan gabah atau padi yang direbus sampai mengembang, pemberian diusahakan dalam keadaan dingin. Dan tetap memberikan multivitamin dan vitamin B komplek serta  tablet calcium setiap seminggu sekali.

Pemeliharaan anak ayam Bangkok dengan pemanas

Pemeliharaan anak ayam Bangkok dapat juga dilakukan semenjak telur menetas, bisa melelui pengeraman induk atau mengunakan mesin tetas. Ketika telur menetasa, anak ayam masih dalam keadaan lemah, bulunya hlus, peka terhadap udara dingin dan peka terhadap serangan berbagai penyakit, maka dari itu apabila ingin memisahkan anak ayam dari induknya maka peternak harus menyediakan induk buatan, dengan kandang husus untuk anak ayam yang dilengkapi dengan alat pemanas atau penghangat. Sebelum membuat induk buatan, peternak perlu mengetahui lebih dahulu pengertian akndang khusus untuk induk buatan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan  kandang khususs induk buatan:
  • Adanya sinar matahari hisusnya dipagi dan sore hari yang cukup untuk kandang
  • Terpenuhinya kebutuhan pakan dan air minum
  • Pemanasan yang cukup dan merata untuk  menghangatkan anak ayam
  • Sirkulasi  udara yang baik.
Setelah anda membaca artikel di atas selanjutnya anda bisa membaca artikel - artikel sebelumnya (klik untuk membacanya) :




Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.

(Sumber Buku : SUKSES BUDIDAYA & BISNIS AYAM BANGKOK. Penulis: ARIS MARWANTO. Sumber Foto: http://brebes.olx.co.id/)


SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 6:29 AM