;

Monday, March 17, 2014

Khasiat Dan Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan

Monday, March 17, 2014

Khasiat atau manfaat ikan lele ternyata luar biasa bagi tubuh manusia, bahkan kandungan yang ada pada ikan lele menyamai dengan ikan - ikan yang yang berharga cukup tinggi alias mahal. Lele merupakan salah satu ikan yang memiliki sumber bahan makanan yang mengandung protein yang sangat tinggi. Selain dibudidayakan sebagai ikan konsumsi, lele juga dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Misalnya, lele dari jenis Clarias batrachus (lele lokal ) juga dipelihara dikolam atau aquarium sebagai ikan hias. 

manfaat ikan lele, khaiat ikan lele, kandungan ikan lele, manfaat ikan lele untuk kesehatan, manfaat ikan lele untuk ibu haml, ikan lele, budidaya ikan lele
Dalam pemeliharaan system mina padi, lele terbukti efektif dalam pemberantasan hama padi. Selain itu, lele juga dimanfaatkan menjadi salah satu bahan ramuan untuk mengobati penyakit asma, menstruasi (datang bulan ) yang tidak teratur, hidung berdarah, hingga kencing darah.

Ikan Lele dapat Menjaga kesehatan otak dan jantung

Tahukan anda ikan lele ternyata mengandung omega-3 dan omega-6, satu porsi ikan lele mengandung 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 asam lemak omega-6. Dan kandungan ikan lele tersebut sama dengan kandungan pada ikan-ikan “mahal” seperti ikan salmon, makarel,,ikan kod dan sebagainya. Sedangkan kedua nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan jantung manusia.

Ikan Lele Memiliki protein yang tinggi

Protein yang terkandung pada ikan lele dapat memenuhi asam amino yang dibutuhkan tubuh, dan itu akan bereaksi pada kekuatan otot dan menambah kekebalan tubuh, dan tentunya protein sangat baik untuk menyuplai energy tubuh manusia.

Ikan Lele rendah merkuri dan baik untuk ibu hamil

Anda pasti sudah mengetahui dampak dari  merkuri pada tubuh manusia. Ya,merkuri dapat mengacaukan system saraf. Sedangkan ikan lele ini sangat aman dan rendah merkuri, kenapa? Karena kebanyakan peternakan atau budidaya ikan lele biasanya dilakukan dilakukan di perairan yang aman dari pencemaran merkuri, maka tidak heran apabila para ibu hamil lebih menyukai ikan lele ini, karena tidak akan membahayakan janin.

Ikan Lele mengandung B-12

Kebutuhan tubuh kita akan vitamin B-12 dapat kita suplai dengan memakan ikan lele mengandung vitamin B-12 yang akan membantu memecahkan makanan menjadi energy, dan tubuh kita akan lebih bertenaga dan tidak cepat lesu.
Sumber : Buku " LeLe " Penerbit, Dinamika Media 
Sumber Gambar : http://www.okefood.com/

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.



SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 3:44 AM