;

Sunday, April 28, 2013

Cara Beternak Hamster dan Budidaya Hamster

Sunday, April 28, 2013

Cara beternak hamster dan budidaya hamster yang baik, pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu karakteristik hamster tersebut atau memahami kehidupan hamster. Untuk perkembangbiakkan hamster siria sebetulnya tidak jauh berbeda dengan hamster yang lain, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembang biakkan hamster ini

beternak hamster, budidaya hamster, merawat hamsterCara beternak hamster bisa dikatakan susah-susah mudah. Seekor hamster pada umumnya akan melahirkan 6-10 ekor anak dalam sekali kawin, namun untuk mencapai hasil yang maksimal seperti itu kita harus terlebih dahulu mengetahui kualitas dan umur induk betina dan jantan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih induk betina dan jantan seperti, pilihlah induk betina yang memiliki postur tubuh yang sehat dan berumur 4-11 bulan. Apabila betina berumur kurang dari 3 bulan, anak yang akan dihasilkan akan lemah karena pertumbuhannya kurang maksimal.

Untuk seekor hamster siria betina masa kawinnya adalah setiap 4 hari sekali , dan biasanya hamster betina ini hanya mau kawin pada waktu malam hari sekitar pukul 20.00 sampai pagi.
Ciri hamster betina siria untuk siap dikawini seperti, menggaruk garuk punggungnya dan suka mengangkat ekornya keatas dengan mata setengah tertutup.


Proses kawin hamster
Proses kawin pada hamster biasanya diawali dengan hamster jantan yang menjilati hamster betina dan mendorongnya untuk mendapatkan posisi terbaik. Setelah itu proses kawin dilakukan berulang kali serta diselingi beberapa proses penjilatan diri sendiri maupun pada betinanya.
Proses kawin itu biasanya berjalan selama 15 menit, kemudian hamster betina akan membersihkan dirinya sendiri.

Apabila proses perkawinan berhasil biasanya hamster betina akan melahirkan anak-anaknya dalam kurun waktu 16 hari setelah proses perkawinan.

Ciri hamster betina yang sedang hamil
Apabila hamster betina sedang hamil bisa dicirikan sebagai berikut, hamster betina akan menjadi galak dan lebih agresif serta akan menolak kehadiran hamster jantan yang mendekatinya.
Perut hamster betina akan membesar dalam waktu 10 hari dan putting susunya akan terlihat muncul keluar.

Jika tanda-tanda tersebut sudah tampak, maka segeralah pisahkan betina tersebut dalam kandang husus.  Untuk menjaga proses melahirkan supaya lancar , maka sediakan kandang husus dan jauhkan dari tempat keramaian. Tidak sedikit kejadian induk hamster memakan anaknya yang baru lahir hal itu diakibatkan karena suasana disekitar  kandang hamster betina terlalu ramai atau sering dilalui orang.

Setelah hamster beranak , kandang harus selalu sering dibersihkan, karena pada masa ini hamster betina  akan segera membuat sarang dengan cara mengumpulkan serutan-serutan kayu disebuah sudut.

Pemberian makanan pada hamster yang telah melahirkan
Pemberian makanan yang bergizi pada induk hamster yang baru melahirkan sangat penting.
Makanan yang diberikan kepada hamster yang melahirkan atau sedang menyusui diantaranya,pellet, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang dipormulasikan husus untuk hamster. Dan berikan tambahan makanan seperti ikan rebus dan telur rebus sebagai penambah protein dan kalsium, karena gizi yang baik yang sangat dibutuhkan bagi induk yang sedang hamil dan meyusui.

Artikel sebelumnnya :
Cara Ternak Kelinci
Cara Merawat Kucing Anggora

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.


SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 4:50 PM