;

Saturday, February 22, 2014

Kenari Cara Memilih Kenari Yorkshire Yang Berkualitas

Saturday, February 22, 2014

Kenari memang memiliki dayak tari tersendiri dibanding dengan burung ocehan lainnya, maka tidak heran apabila para pecinta burung kenari semakin hari semakin bertambah terus. Apalagi sekarang sudah banyak bermunculan kenari jenis - jenis baru yang banyak di buru penghobi burung kenari, salah satunya kenari yorkshire.

kenari, kenari yorkshire, burung kenari, kenari, memilih kenari

Namun bagi anda yang baru mengenal jenis kenari ini, anda harus tau terlebih dahulu tipe atau jenis kenari yorkshire yang berkualitas sebelum anda memutuskan untuk memeliharanya. 

Di bawah ini ada tips atau cara memilih kenari Yorkshire sebelum dibeli untuk dipelihara, silahkan lansung saja lihat di bawah ini:


Harus Benar - benar Sehat

Ketika akan membeli kenari Yorkshire, baik dari importir maupun peternak yang telah mengembangbiakkan kenari Yorkshire, pastikan bahwa kenari tersebut benar-benar sehat, tidak menampakkan tanda-tanda penyakit, cacat fisik serta tingkah laku yang ganjil atau tidak lazim dilakukan oleh seekor kenari Yorkshire yang sehat. 

Untuk itu, calon pembeli bisa melihat, memegang, dan mencermati semua bagian tubuh kenari Yorkshire yang akan dibelinya, mulai dari bagian mata, paruh, bulu, tubuh, ekor, dubur, hingga bagian kakinya. Apabila terlihat kejanggalan, sebaiknya tidak perlu dibeli.

Kenari Harus Bebas Kutu

Pastikan pula bahwa kenari Yorkshire tersebut bebas kutu. Untuk itu, calon pembeli perlu menyibakan dan mencermati bulu-bulu kenari Yorkshire secara detail. Apabila ternyata sudah terserang kutu, begitu dibeli harus segera disemprot dengan larutan anti kutu sebelum dimasukkan ke sangkarnya.

Meraba Bagian Tulang Dada

Ketika memegang kenari Yorkshire, calon pembeli disarankan melihat dan meraba bagian tulang dadanya. Kalau badannya kurus dan tulang dadanya tampak meruncing atau tipis, sebaiknya jangan dibeli. Sebab, kemungkinan besar Yorkshire tersebut tidak sehat atau mengidap penyakit tertentu.

Mengamati Pernapasan Kenari

Salah satu penyakit ganas yang sering menyerang kenari Yorkshire adalah penyakit pernapasan. Untuk itu, calon pembeli bisa mengamati secara detail apakah kenari Yorkshire yang akan dibeli mengidap penyakit pernapasan ataukah tidak. Caranya adalah dengan memasukkan Yorkshire di dalam sangkar, lalu calon pembeli menggerak-gerakkan tangannya perlahan supaya kenari Yorkshire mau bergerak atau melompat dari satu tenggeran ke tenggeran lain.

Setelah itu, kenari Yorkshire ditangkap dan dipegang dengan tangan, lalu didekatkan ke dekat telinga sambil didengarkan deru napasnya. Jika napas kenari Yorkshire tersebut terdengar seperti bunyi ”ngik-ngik”, ngorok atau tersenggal-senggal, jangan dibeli karena kemungkinana besar kenari Yorkshire tersebut sudah terkena penyakit pernapasan.

Menananyakan Kondisi Kicauan

Calon pembeli disarankan untuk menanyakan kepada importir atau peternak kenari Yorkshire yang mereka jual sudah gacor (sudah rajin berkicau), atau malah sedang mengalami macet bernyanyi. Bisa pula diperhatikan apakah bulu kenari Yorkshire tampak sedang akan mulai mabung ataukah tidak. Sebab, harga jual kenari Yorkshire yang sedang gacor dan sedang macet berbunyi tentu akan berbeda jauh. Saat sedang gacor atau rajin berbunyi, harga jualnya rata-rata bisa dua kali lipat dari harga kenari Yorkshire yang sedang macet berbunyi ataupun sedang mabung.

Jangan Mudah Terkecoh

Calon pembeli jangan mudah terkecoh denagn penampilan postur tubuh dari kenari Yorkshire yang ditawarkan penjual. Sebab, postur besar belum menjamin kenari tersebut adalah jenis Yorkshire. Saat ini banyak penjual burung kenari yang mengkalin bahwa kenari yang mereka jual adalah Yorkshire atau turunannya seperti F1, atau F2 dengan dalih postur tubuhnya besar. 

Untuk mengetahui apakah kenari tersebut dari jenis Yorkshire ataukah tidak adalah dengan melihat penampilan kenari tersebut ketika berada sendirian di dalam sangkar. Kenari dari jenis Yorkshire ataupun keturunannya selalu memiliki postur tubuh yang besar, bagian kepala lebh besar dari kenari lokal, ketika berdiri di atas tangkringan tubuhnya akan berdiri tegak dengan kakinya yang jenjang, dan bentuk burung ini terlihat seperti wortel terbalik alias besar atau lebar pada  bagian tubuh atas dan ramping pada bagian tubuh bawah. Selain itu, ketka berkicau, kenari dari jenis Yorkshire akan diam ditempatnya atau tidak banyak menggerak-gerakkan anggota tubuhnya.

Mengamati Mata Kenari

Calon pembeli perlu mencermati bagian mata Yorkshire yang akan dibelinya, apakah matanya masih normal ataukah sudah cacat seperti rabun atau mengalami katarak. Ciri-ciri kenari Yorkshire  yang terkena katarak adalah bagian disekitar matanya ada titik warna putih, dan pada saat akan makan kenari tersebut akan tampak seperti mencari-cari makanan yang sebenarnya berada dekat dengan dirinya. 

Kenari yang terkena katarak cukup berat, biasanya juga jarang bergerak atau hanya diam ditangkringan karena penglihatannya kabur. Sebagai tambahan, apabila mata kenari berwarna merah, kemungkianan besar masih normal. Hanya saja, kenari semacam itu biasa disebut dengan istilah kenari albino yang biasanya kurang tahan terhadap sinar matahari.

Baca Juga artikel Seputar Burung kenari Diantaranya : Cara Ternak Kenari Yorkshire dan Cara Melatih Kenari Supaya Juara Lomba

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Sumber Buku: Menangkarkan Kenari Yorkshire sebagai Komoditi Bisnis & Hobi, Penutur Ahli: Brigjend (Purn) BRM. Noeryanto.


SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 1:38 AM