;

Wednesday, August 14, 2013

Ternak Kenari atau Cara Beternak Kenari Yorkshire

Wednesday, August 14, 2013

Bapak saya dulu (tahun 1996-an) hobiis burung ocehan, salah satunya burung kenari. Bahkan saking sukanya terhadap burung yang satu ini sampai-sampai berani mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi mendapatkan burung yang menurutnya memiliki “kualitas yang tinggi”, dengan tujuan ingin mendapatkan induk untuk ternak kenari atau beternak kenari.

Ternak Kenari, cara beternak burung kenari, budidaya kenari yorkshire, cara ternak burung kenari york shire, ternak burung kenari, burung kenariSetelah saya perhatikan sampai saat ini, ternyata burung mungil yang satu  ini tidak habis-habisnya digemari banyak orang, tidak seperti burung ocehan yang lainnya yang mengalami masa penurunan yang drastis dalam perkembangannya. Bahkan sekarang burung kenari menjadi buah bibir banyak kalangan karena dengan ternak  kenari banyak yang sukses dengan keuntungan materi yang cukup besar.

Apalagi sekarang sudah ramai dengan jenis burung kenari Yorkshire, yang menurut asal usulnya burung tersebut berasal dari benua Eropa. Di Indonesia jenis burung ini masih terbilang baru, walaupun demikian tetapi peminatnya cukup banyak bahkan sekarang banyak yang mencoba budidaya kenari Yorkshire atau ternak kenari Yorkshire.

Disini saya akan berbagi sedikit informasi tentang cara ternak kenari Yorkshire,  namun sebelumnya saya kasih tau bahwa cara di bawah ini pada dasarnya banyak kesamaan dengan cara ternak kenari lokal.
oke langsung saja kita lihat tahapan atau langkah-langkahnya_

ciri-ciri indukan kenari jantan yang siap dikawinkan

  • Pada bagian alat kelaminnya atau vent akan terlihat menonjol atau lancip, karena hormonnya sudah meninggkat.
  • Kenari jantan akan sering berkicau atau gacor, bahkan pada tenggeran dia akan sering bergerak dengan kaki yang berganti-ganti dengan menggerakan badannya.
  • Ketika didekatkan dengan sangkar kenari betina dia akan cepat menghampirinya seolah-olah akan mengejar si betina.

Ciri-ciri indukan  kenari betina yang siap kawin

  • Ketika didekatkan dengan sangkar jantan, kenari betina akan menggelapar-geleparkan sayapnya dan tubuhnya berjongkok.
  • Bulu pada bagian dadanya akan sedikit rontok, kloakanya akan terlihat bengkak karena hormonnya yang mulai meningkat.
  • Atau kita bias mencoba memasukkan bahan sarang dengan berserserakan kedalam sangkar betina, apabila ia membereskannya berarti burung ini sudah siap dikawinnkan.
  • Untuk menjaga kedua indukan tersebut, kita harus memperhatikan bahan makanan supaya stamina keduanya benar-benar fit ketika dijodohkan. Makanan yang baik seperti untuk menjaga stamina indukan tersebut diantaranya, telur puyuh, kroto,  kuning telur yang dicampur dengan susu bubuk atau biscuit kemudian kita lumatkan.
  • Kemudian kita persiapkan sangkar khusus untuk tempat bertelur dan pengeraman sebelum kedua indukan ini dikawinkan.

Cara Menjodohkan Burung Kenari

  • Kedua indukan ini masukan dalam sangkar ganda atau sangkar yang di tengah – tengahnya terdapat sekat, dengan tujuan agar kedua indukan ini tidak langsung bersentuhan fisik tetapi bisa saling menarik perhatian terlebih dahulu, apabila kedua indukan ini saling merespon berarti keduanya sudah siap disatukan.
  • Ciri keduanya sudah cocok ditandai dengan suara jantan yang terus mengoceh dan yang betina mengeleparkan sayapnya sambil berjongkok-jongkok seolah-olah minta dikawin, dan sesekali kedua indukan ini akan melakukan ciuman seperti menyuapi anaknya, dan terakhir ketika malam kenari betina dan jantan akan tidur secara berdekatan walaupun sarangnya disekat.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk menjodohkan kenari tergantung pada respon kedua indukan tersebut, mungkin lama atau sebentar.

Setelah keduanya saling tertarik maka keduanya bisa disatukan dalam satu sangkar yang ukurannya lebih besar, apabila menggunakan sangkar ganda maka sekat di tengah sangkar dapat dicopot. Setelah disatukan tidak akan lama kenari jantan akan mengawini kenari betina.

Ternak, Kenari, cara, beternak, kenari, budidaya, kenari yorkshire

Proses mengawinkan kenari Yorkshire yang perlu diperhatikan

  • Kenari yang kondisinya sedang pergantian bulu atau mabung tidak boleh dikawinkan atau dijodohkan.
  • Mengawinkan kenari Yorkshire sebaiknya tidak dilakukan pada waktu pagi hari sebelum yokshire jantan dimandikan dan dijemur.
  • Jangan mengawinkan kenari Yorkshire yang masih satu keturunan atau satu bibit, karena akan berpengaruh pada hasil anakan yang dihasilkan (kualitas yang dihasilkan kurang baik).
  • Cara menyiasati kenari Yorkshire jantan yang tidak mau kawin walaupun keduanya sudah terlihat birahi bisa dengan cara mengambil kenari jantan lain yang sudah birahi atau gacor, kemudian bisa didekatkan dengan sangkar yang berisi  pasangan kenari yang sudah dijodohkan.
Apabila sudah didapat pasangan kenari yang menghasilkan anakan yang berkualitas, maka pasangan indukan tersebut bisa dijodohkan kembali dan tidak menjodohkan dengan kenari lain.

Cara Memeriksa Kesuburan Telur

Setelah masa pengerama terkadang kita menemukan telur burung kenari yang tidak menetas, hal tersebut diakibatkan ada beberapa factor yang mengakibatkan telur tersebut tidak menetas, namun untuk menyeleksi telur yang baik untuk dierami kita bisa melakukan dengan langkah sebagai berikut;

Pada hari ke 5 atau 8 semenjak awal pengeraman, kita bisa menyeleksi langsung telur yang ada dengan meneropong telur tersebut dengan menggunakan kertas yang digulung lalu telur tersebut diterangi dengan menggunakan lampu senter atau dibiarkan terkena sinar matahari.

Setelah diteropong, pada telur yang subur siap tetas terdapat  titik darah berakar, sedangkan pada telur yang tidak subur tidak terlihat titik darah dan terlihat terang karena tidak ada titik darah. Hal ini penting dilakukan supaya induk burung tidak terlalu lama mengerami telur yang tidak menetas, dan telur  yang membusuk dapat mengeluarkan gas amoniak dan CO2 yang dapat membahayakan kesehatan induk maupun embrio telur yang masih subur.

Proses Pengeraman

Setelah kedua indukan melakukan perkawinan kurang lebih 4-6 hari, maka indukan betina akan sibuk menyiapkan sangkar yang sudah dipersiapkan, biasanya sangkar yang sudah dipersiapkan ditata ulang oleh induk betina dan tidak lama induk betina akan mengeluarkan telur.

Biasanya kenari Yorkshire maksimal 4 butir dalam sekali produksi, dan akan dieramai oleh sang induk, namun apabila induk jantan tidak dipisahkan maka pengeraman akan dilakukan secara bergantian. Dan rata-rata telur kenari yang bagus atau subur akan menetas pada hari ketiga belas atau ke empat belas.

Makanan Kenari Pada Waktu Mengerami

Makanan yang baik untuk indukan kenari yang sedang mengerami diantaranya:  biji-bijian yang banyak menganduk lemak seperti  biji lobak,biji hemp, dan biji niger, makanan lunak dari tepung roti dan kuning telur. Pakan serangga seperti: kroto dan ulat bambu. Sayuran seperti: daun selada dan daun sawi,  dan telur puyuh rebus, dan juga tambahan multivitamin.

Pemberian 2 tetes minyak gandum yang dicampurkan kedalam pakan biji-bjian dapat menambah stamina induk burung, atau bisa juga ditambahakan tulang ikan sotong untuk menambah kalsium.

Setelah Menetas

Pada hari ke sebelas pengeraman atau dua atau tiga hari menjelang menetas indukan kenari harus dibiasakan diberi makanan yang lembek atau lunak yang nantinya akan berguna bagi anak kenari yang baru menetas.

Makanan lunak tersebut  terbuat dari: biscuit yang dilumatkan bersama kuning telur segar, pakan telur puyuh rebus, atau pakan dari biji-bijian, dan lain-lain. Kemudian bisa diberikan pakan dari jenis kecambah biji-bijian seperti: biji kenari, milet putih, dan biji sawi selama dua malam.

Untuk kuning telur apabila tidak habis dalam waktu 12 jam, maka kuning telur tersebut harus cepat diganti dengan yang baru agar tidak meracuni pada burung. Selain makanan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak kenari. Setelah telur menetas maka anak burung akan mendapat makanan yang dilolohkan induk kenari.

Penyapihan Anak Kenari

Biasanya pada umur 14 atau 15 hari anak kenari sudah mulai disapih atau dipisahkankan dari induknya, perlakuan ini agar induk kenari segera memulihkan kondisi tubuhnya yang sangat lemah setelah mengalami proses pengeraman dan merawat anak-anaknya.

Setelah dipisahkan sangkar yang sudah digunakan dibersihkan, kemudian wadah sarang dibersihkan agar nanti bisa dipakai kembali, kemudian sarang bekas eraman yang berisi kotoran dan pecahan kulit telur harus segera dibakar atau dibuang agar kuman-kuman yang ada langsung musnah.

Untuk menjaga kebersihan dan terhindar dari kuman, lokasi sekitar sarang pengeraman dibersihkan dan disemprot menggunakan disinfektan atau pembunuh kuman seperti tepung kapur (ditabur sekitar lokasi), cairan kapur + garam + air, Lysol, sabun deterjen, air mendidih, alcohol, ammonia, jodophor, dan sebagainya. 
Dicatatan selanjutnya kita akan membahas Cara Merawat Kenari Yorkshire Dan Cara Merawat Burung Kenari Agar Juara Lomba

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.


(Sumber Buku: Menangkarkan Kenari Yorkshire sebagai Komoditi Bisnis & Hobi, Penutur Ahli: Brigjend (Purn) BRM. Noeryanto).








SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 12:49 AM