;

Wednesday, August 14, 2013

Cara Merawat Kenari dan Pemberian Pakan Kenari

Wednesday, August 14, 2013

Kalau kita yang baru memulai memelihara atau beternak kenari mungkin masih bingung cara merawat kenari yang baik, dicatatan kali ini kita akan coba membahas cara merawat kenari dari berbagai fase umur. 

Pada catatan sebelumnya kita telah membahas secara singkat langkah-langkah beternak atau budidaya kenari Yorkshire yang mana dicatatan itu baru samapai pada penyapihan anak kenari belum sampai pada cara merwat kenari dan pemberian pakan kenari.

Pada dasarnya cara merawat kenari Yorkshire sama halnya seperti perawatan kenari local lainnya, namun ada beberapa hal yang sedikit berbeda, hal-hal apa sajakah itu? Mari kita lihat catatan dibawah ini_

cara merawat kenari, tips merawat burung kenari, pemberian pakan kenari, cara merawat burung kenari, merawat kenari, cara merawat burung kenari Lomba

Perawatan pada Anak Kenari yang Baru Lepas Sapihan

Pada masa ini biasanya anak kenari sudah dilepas oleh kedua induknya, setelah dijaga dan diberi makan selama kurang lebih 2 minggu. Setelah 2 minggu anak kenari baru bisa berdiri tetapi masih belum bisa makan sendiri, nah disinah peran kita harus bisa menggantikan induk kenari yaitu dengan cara menyuapi anak kenari tersebut hingga mereka berumur 3 minggu atau setelah anak kenari bisa makan sendiri.

Makanan yang diberikan pada anak kenari harus pakan yang lembek dan halus sehingga anak kenari dapat makan karena mudah dicerna. 

Untuk komposisi pakan anak kenari terdiri dari adonan halus roti tawar yang dicampur dengan kuning telur rebus  dengan perbandingan 3:1, kemudian tambahkan racikan daun selada yang dilumat atau dihancurkan bersama-sama dengan kroto, bisa juga ditambahkan produk multivitamin.

Alat bantu untuk menyuapinya bisa kita buat sendiri dari bamboo dan dibuat ukuran sesuai lebar paruh anak kenari.


Cara Merawat Anak Kenari usia 25-30 hari

Perlu diketahui juga, apabila proses penyapihan dilakukan ketika anak kenari berumur sekitar 3 minggu, kita tidak perlu menyuapi anak kenari karena mereka sudah bisa makan sendiri. Pada saat setelah, anak burung bisa dipindahkan ke kandang umbaran yang mempunyai ukuran lebih luas, yakni sangkar/kandang bersama yang bisa dihuni 4-5 ekor burung sekaligus. Di kandang umbaran ini, anak kenari bisa bergerak dengan bebas, termasuk belejar menggerakkan sayapnya untuk terbang dan berlompatan dari satu tempat ke tempat lain.

Pada masa ini, pakan yang diberikan sebagian besar masih berupa pakan halus seperti pada masa pascasapih, tapi sudah mulai ditambahkan atau diperkenalkan dengan beberapa biji-bijian yang dihancrurkan atau di lumatkan, mulai dari biji kenari, biji lobak, biji nigger, dan biji lainnya. 

Selain itu, kenari juga sudah mulai diberi pakan sayur dan buah-buahan segar seperti selada, oyong,  dan irisan apel merah.Selain itu,  kenari juga sudah mulai diberi pakan sayur dan buah-buahan segar seperti selada, oyong, dan irisan apel merah. 

Produk vitamin juga sudah mulai diberikan, yakni dengan mencampurkannya ke dalam air minum.Untuk menghangatkan kondisi kandang pada waktu cuaca dingin bisa menggunakkan bola lampu sebagai pemanas pada ruangan kandang.

Cara Merawat anakan umur 4-5 minggu

Setelah anak kenari berumur sekitar 4-5 minggu, mereka harus dipindahkan dari sangkar/kandang bersama yang bisa dihuni 4-5 ekor burung sekaligus ke sangkar yang lebih besar yang akan dihuni oleh dua ekor burung per sangkar. Pada masa ini, untuk mendukung stamina tubuh, anak kenari sesekali diberi  pakan kroto, kuning telur rebus, irisan apel, atau telur puyuh secara bergantian setiap harinya. 

Hal yang perlu di ingat adalah kenari yang di masukkan dalam kandang/sangkar yang baru ini haruslah mempunyai umur yang relative sama. Tujuannya agar  tidak ada salah satu burung yang mendomonasi atau sebaliknya justru minder, atau berebut makanan sehingga akan mengganggu proses pemeliharaan. 

Namun, bagi anak Yorkshire jantan yang memang sudah di rencanakan untuk menjalani pemasteran (proses pengisian suara) semenjak usia dini, pada  umur te rsebut anak soliter untuk selanjutnya menjalani serangkaian perawatan khusus dalam proses mastering tersebut. Hanya saja, dalam umur tersebut tentunya peternak harus jeli dalam melakukan identifikasi jenis kelamin kenari, mengingat alat kelamin maupun penampilan fisik burung  belumlah sempurna.

Cara Merawat Kenari umur 3-5 bulan

Setelah berumur antara 3-5 bulan, burung kenari muda akan selesai mengalami pergantian bulu untuk yang pertama kalinya. Selesai mengalami pergantian bulu untuk yang pertama kalinya. Kenari pada masa inilah, peternak sudah mulai melakukan proses seleksi bibit dengan memilih bibit yang bagus dan memisahkan bibit yang kurang bagus, dan seleksi jenis kelamin (sexing) yakni melakukan pemisahan antara kelompok kenari jantan dari kelompok kenari betina.

Burung kenari  berkelamin jantan seterusnya akan mulai dipelihara secara soliter di sangkar tunggal, sedangkan kenari betina dibiarkan hidup bersama di kandang umbaran atau kandang penangkaran.

Pemisahan antara kelompok kenari jantan dan betina ini juga ditujukan untuk mempercepat proses kematangan seksual burung, sehingga nantinya setiap burung bisa sesegera mungkin dijodohkan untuk kemudian menghasilkan anakan baru.

Setelah memasuki fase ini, kenari sudah bisa diberikan segala macam pakan, baik dari jenis biji-bijian, sayuran, buah-buahan, tepung roti, serangga, maupun pakan ekstra seperti kroto, telur puyuh, dan sebagainya. Kenari juga sudah mulai sesekali dimandikan dan dijemur. 

Biasanya setelah berumur 5 bulan, kenari muda sudah rajin belajar bernyanyi dan karakter suaranya mulai tampak setelah mendekati umur 7 bulan. Namun, kematangan lagu suara kenari Yorkshire jantan biasanya baru akan tampak jelas ketika berumur di atas 9 bulan atau ketika sudah benar-benar dewasa.

Cara Merawat Kenari Yorkshire Dewasa

Setelah kenari memasuki umur 7 bulan sudah di anggap sebagai kenari dewasa lantaran organ seksualnya sudah berkembang sempurna sehingga sudah mengalami birahi. Namun birahi sempurna pada kenari betina barulah didapatkan pada umur di atas 8 bulan, sedangkan kenari Yorkshire jantan ketika usianya mendekati satu tahun. Maka ideal untuk memjodohkan burung kenari Yorkshire usia untuk betina di atas 9 bulan dan yang jantan usianya di atas satu tahun.

Untuk kenarai jantan yang dipersiapkan untuk dikonteskan harus rajin dimandikan dan dijemur setiap hari, dan diberi kroto maupun vitamin untuk menambah stamina burung, untuk mendapatkan volume suara  yang lantang jangan terlalu banyak diberi makanan yang mengandung lemak.

Kecuali kalu kenari mau dijodohkan maka harus diberikan pakan yang ektra termasuk lemak, apalagi bagi kenari betina yang akan betelur dan mengerami. Makanan yang diberikan seperti asinan ikan sotong (bagus terhadap kulit telur), biji niger (untuk mempelancar keluarnya telur), grit (membantu proses pencernaan).

Artikel lain yang dapat anda baca (klik untuk membaca) :

Cara Budidaya Ulat Hongkong
Cara Ternak Jangkrik
Cara Menjinakan Burung Parkit

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.

(Sumber Buku: Menangkarkan Kenari Yorkshire sebagai Komoditi Bisnis & Hobi, Penutur Ahli: Brigjend (Purn) BRM. Noeryanto).




SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 3:21 AM