;

Friday, November 29, 2013

Cara Budidaya Udang Galah

Friday, November 29, 2013

Cara budidaya udang galah yang baik tentunya harus memenuhi persyaratan atau factor-faktor penunjang budidaya itu sendiri. Sama halnya seperti proses budidaya lobster, sebelum memulai budidaya udang galah sebaiknya kita harus mempersiapkan lokasi untuk kolam budidaya.

Budidaya udang galah, udang galah, udang air tawar, cara budidaya udang, cara budidaya udang galah


Factor utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya udang galah yaitu lokasi budidaya, lokasi budidaya udang galah harus dekat dengan perairan atau sungai supaya suplai air tidak kurang.

Selanjutnya setelah kita mencapai lokasi yang strategis yaitu deraja keasaman (pH), baik untuk tanah maupun air. Lokasi dan kondisi yang baik untuk kolam budidaya udang galah adalah tanah dasar dan air kolam yang memiliki pH  netral atu derajat keasaman yang berkisar 6,8-7,5.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Budidaya Udang Galah

Kualitas air

Kualitas air untuk budidaya udang galah harus memiliki persyaratan sebagai berikut:

Menerima cahaya matahari yang cukup
Mengandung mineral-mineral yang cukup
Mengandung gas karbondioksida yang cukup
Mempunyai temperature yang ideal untuk proses hidup dan pertumbuhan udang galah

Kadar oksigen terlarut

Oksigen dalam air sangat penting bagi kehidupan udang,maka jika oksigen yang terlarut dalam air sangat rendah berarti tidak baik untuk pemeliharaan udang galah, batas minimal oksigen terlarut dalam air adalah sekitar 5-7 ppm. Untuk mengatasi rendahnya oksigen terlarut dalam air, dapat digunakan kincir.

Kandungan karbondioksida (CO₂)

Kandungan karbondioksida yang baik dalam air kolam bentuh budidaya udang galah ini adalah tidak lebih dari 1,2 ppm dan tidak lebih dari 2 ppm, jika kandungan karbondioksida di atas 50 ppm,akan menyebabkan udang mati dalam jangka waktu relative lama.

Induk udang galah betina

Memiliki berat lebih dari 40 gram
Memiliki kandungan telur cukup tinggi
Bersih dari segala macam kotoran maupun organism yang bersifat parasif

Induk udang galah jantan

Memiliki berat lebih dari 50 gram
Kaki jalan kedua tidak terlalu besar
Bersih dari segala macam kotoran maupun organism yang bersifat parasit

Pakan Udang Galah

Faktor selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam budidaya udang galah yaitu factor pakan, ada beberapa persyaratan yang secara tehnis harus memperoleh penanganan secara khusus yakni:
Aspek kimia yaitu persyaratan kandunagn nutrisi makanan yang meliputi protein, karbohidrat, lemk,               vitamin, dan mineral
Aspek fisik makanan, yaitu bentuk dan ukuran makanan, ketahanan dalam air, dan tehnik pengepakan
Aspek biologi yaitu nilai konversi makanan atau perbandingan jumlah makanan yang dikonsumsi dengan         kemampuan makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan berat tubuh udang.
Aspek ekonomis yaitu kelayakan harga yang ditinjau dari segi kualitas maupun nilai makanan.

Selain pembahasan budidaya udang galah anda juga bisa membaca artikel-artikel sebelumnya (untuk membaca judul di bawah klik satu-satu) seperti:

Budidaya lobster air tawar
Budidaya gabus dengan sistem longyam
Budidaya ikan bawal di kolam terpal


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.





SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 11:52 PM