;

Wednesday, November 6, 2013

Ternak Ikan Gabus Dengan Sisitem Sekat

Wednesday, November 6, 2013

Ternak Ikan Gabus dengan sistem sekat banyak dilakukan di wilayah yang terdapat banyak rawa atau sungai. Biasanya pemeliharaan gabus dengan sistem sekat ini biasanya dilakukan didekat rumah atau disekitar lingkungan yang mudah diakses untuk menjaga keamanan.

Di beberapa daerah yang berawa, banyak rumah penduduk yang berdiri diatas rawa atau dipinggiran sungai,
biasanya mereka memanfaatkan lahan tersebut dengan  membuat sekat-sekat untuk ikan, untuk mengetahui lebih jelas tentang proses budidaya ikan gabus sistem sekat ini dibawah ini ada penjelasannya.

Cara Membuat Sekat
Sekat untuk ikan gabus harus dibuat secara kuat dan kokh karena ikan gabus tergolong besar dan kuat. Jika sekat tidak kuat, ikan akan mampu menerobos, lepas, dan meloloskan diri. Untuk itu, sekat harus ditanam cukup dalam di dasar perairan mengingat ikan gabus sering membuat lubang di dasar.

Teranak ikan gabus, budidaya ikan gabus, ternak ikan gabus sistem sekat, cara ternak ikan gabus

Sekat biasanya berbentuk pagar. Bahan yang digunakan berasal dari bamboo. Jarak antar bilah-bilah bamboo sebagai pagar tidak lebih dari 2 cm.

Untuk membuat sekat tidak memerlukan biaya yang besar kaena hanya berbentuk pagar sederhana. Tetapi, ada sedikit kelemahan dalam membudidayakan ikan gabus dalam sekat, yaitu sukar mencari tempat yang cocok berupa cekungan. Selain itu, lokasi yang terlalu keras agak menyulitkan peternak untuk memanen ikannya.

Menebar Benih
Penebaran benih untuk system sekat disesuaikan dengan kondisi perairan dan luas areal yang dipagar. Percobaan penebarn dapat dilakukan hingga mencapai 75 ekor untuk benih yang berbobot 80 gram, tetapi bisa ditambah lagi jika ikan yang ada tidak mengalami mabuk atau stress.

Memberi Pakan
Pemeliharaan ikan system sekat tidak memerlukan pakan yang banyak, karena ikan hidup di alam bebas sehingga akan selalu ada pakan alami yang bisa disantap ikan. 

Namun, untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhannya, ikan perlu diberi pakan tambahan berupa pellet. Frekuensi pemberian pakan untuk system ini tidak berbeda dengan budidaya ikan gabus dengan system lain.

Mengontrol Ikan
Meskipun agak sulit dilakukan, pengontrolan terhadap ikan harus tetap dilakukan. Tidak banyak yang bisa kita lakukan jika ikan terserang hama dan penyakit. Tetapi kemungkinan serangan hama dan penyakit sangat kecil. 

Yang jelas, selam kondisi sekat cukup kuat dan kokoh, maka kemungkinan besar ikan gabus bisa terhindar dari seranagn hama dan penyakit.

Memanen Ikan
Pemanenan dilakukan setelah ikan mencapai ukuran yang dikehendaki. Penagkapan ikan bisa dilakukan dengan serok maupun jala.

Selain Artikel di atas anda juga dapat membaca artikel lainnya (untuk membaca klik saja) seperti:

Cara Budidaya Ikan Patin
Cara Ternak Bawal Di Kolam Terpal
Budidaya Gabus Tahap Pemijahan
Cara Budidaya Belut
Cara Budidaya Ikan Nila

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.

Sumber Buku "PETUNJUK PRAKTIS MEMELIHARA GABUS" Penerbit NUANSA
Sumber gambar http://www.antarafoto.com/bisnis/v1368597301/pemanfaatan-sungai



SILAHKAN LANJUTKAN MEMBACANYA DENGAN MEGKLIK JUDUL ARTIKEL DI BAWAH INI

Tonie - 3:32 PM